Self Talk (Berbicara Pada Diri Sendiri) Maksud dan Manfaatnya


Apa sih self talk itu?? Self-talk adalah berkomunikasi dan berbicara dengan dirimu sendiri. Self-talk bukan berarti berbicara dengan mengeluarkan kata-kata dari mulut layaknya saat kita berbicara dengan orang lain, melainkan berbicara dengan pikiran-pikiran yang ada di dalam kepala kita.

Self talk merupakan sesuatu yang tampaknya sangat sederhana dan hampir tidak pernah dibahas. Namun, dampaknya sangat besar bagi diri kita. Self-talk adalah sesuatu yang sangat menentukan akan menjadi seperti apakah seseorang di masa mendatang. Self-talk adalah akar permasalahan psikologis yang paling utama, dari situlah kebiasaan, karakter, dan keyakinan seseorang terbentuk. Selama self-talk seseorang tetap positif, dia tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif dari luar. Hal negatif dari luar hanya akan berdampak negatif terhadap diri kita jika diperkuat dengan self-talk yang negatif. 

Bagaimana self-talk bisa memengaruhi diri kita?

Self-talk dapat memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap diri kita. Karena, self-talk tanpa disadari oleh sebagian orang sebenarnya sama saja dengan menyugesti dan memprogram alam bawah sadar kita. sementara alam bawah sadar memiliki pengaruh terhadap diri kita 9 kali lipat lebih kuat daripada pikiran sadar. Lalu, bagaimana mungkin seseorang bisa berubah menjadi lebih baik jika self-talk-nya masih negatif?

Bagaimana self-talk bekerja?

Pertama self talk bekerja memprogram alam bawah sadar, kemudian self-talk memengaruhi tindakan kita, lalu lama-kelamaan tindakan kita tersebut berubah menjadi kebiasaan. Setelah tindakan tersebut menjadi kebiasaan, lama-lama menyatu dengan karakter/sifat Anda, dan setelah menyatu dengan sifat Anda, self-talk awal Anda mulai menjadi realitass dalam kehidupan Anda, yang akhirnya membuat Anda percaya bahwa keyakinan Anda memang benar.

Self-talk –> sugesti –> alam bawah sadar –> realitas

Setelah memahami kinerja self talk diatas sadar atau tidak sadar, kita melakukan self-talk sepanjang hari dan sepanjang hidup. Suara di kepala kita dan percakapan kita dengan pikiran-lah yang menginspirasikan tindakan kita di dalam suatu situasi. Setuju atau menolak, pantas atau tidak pantas, bisa atau tidak, bersabar atau marah, cinta atau membenci, semua itu adalah contoh-contoh tindakan kita yang biasanya diawali dengan self-talk.

Manfaat Berbicara Pada Diri Sendiri (Self Talk)

1. Alat bantu mengambil keputusan.
Dengan merenung di tempat yang tenang, lalu berusaha mendengarkan kata hati, adalah cara ampuh untuk mengambil keputusan, dan alangkah bijaknya jika kata hati diolah oleh si sang procecor otak.

2. Mengenal diri sendiri
Ini penting! Dengan begitu kita bisa akrab dengan diri kita sendiri. Sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Karena kita tahu apa pendirian dan komitmen kita.

3. Sarana pengendalian diri
Dengan berbicara dengan diri sendiri, seseorang akan mudah mengendalikan pikirannya yang kacau. Dan mencegah seseorang untuk mengambil keputusan yang salah.

Kesimpulan
Tanpa kita sadari, ternyata diri juga butuh untuk diajak bicara. Karena ternyata, dengan mengajak diri berbicara kita telah memberikan kesempatan untuk memperkaya diri. Menurut para ahli, kebiasaan berbicara dengan diri sendiri atau self talk sudah ada sejak kita belajar bicara dan merupakan bagian dari proses belajar anak. Dan bicara dengan diri sendiri, tidak melulu dalam bentuk dialog dengan suara. Sebab semua yang terlintas dalam otak kita, sebenarnya cara kita berbicara dengan diri sendiri.







Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Self Talk (Berbicara Pada Diri Sendiri) Maksud dan Manfaatnya ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 03 Agustus 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Self Talk (Berbicara Pada Diri Sendiri) Maksud dan Manfaatnya
 

0 komentar:

Posting Komentar