Kenapa Hukum Itu Penting??



Dalam kehidupan bernegara seperti keseharian kita hukum bukanlah sebuah hal yang asing lagi,  ya hukum jika di taati berguna untuk mewujudkan ketertiban di masayarakat, apa hanya itu fungsi hukum bagaimana jika masyarakat tidak menaatinya?? 

mari kita lihat definisi dari hukum itu sendiri, Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi (Sumber : Wikipedia).  

Dari Pengertian di atas dapat kita simpulkan hukum adalah suatu aturan yang mengikat seseorang agar tidak melakukan sesuatu hal yang di larang sebab hukum itu berfungsi sebagai sarana kontrol sosial dan tool of social engineering.  dapat kita bayangkan, bagaimana kalau dalam masyarakat dan negara tidak ada atau tidak berlaku hukum. Apa yang akan terjadi? Hukum sangat penting bagi setiap orang dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Bahkan menurut Aristoteles Hukum merupakan sumber kekuasaan "sumber kekuasaan ialah hukum. Ia menegaskan bahwa hanya apabila hukum yang menjadi sumber kekuasaan, barulah pemerintahan para penguasa akan terarah bagi kepentingan, kebaikan dan kesejahteraan umum. Jika hukum yang menjadi sumber kekuasaan bagi para penguasa negara barulah dapat dijamin bertumbuhnya moralitas yang terpuji dan keadaban yang tinggi yang sangup mencegah para penguasa dari kesewenag-wenangan."

dari pembahasan diatas kita dapat mengerti mengapa hukum itu begitu penting, klo gtu mari kita menjadi warga yang taat hukum bagaimanapun kondisi kita, tidak ada alasan untuk menghidupi keluarga ataupun hanya untuk menyambung hidup kita melakukan hal yang dilarang.


Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kenapa Hukum Itu Penting?? ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 18 Juli 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Kenapa Hukum Itu Penting??
 

2 komentar: