Pentingkah EQ?? Dalam Kehidupan kita


Pengelolaan emosi salah satu komponen penting untuk bisa hidup di tengah-tengah masyarakat. kemampuan untuk mengarahkan emosi secara baik memegang peran penting bagaimana menjalani kehidupan. Orang yang ber-IQ tinggi tetapi karena emosinya tidak stabil dan mudah marah seringkali keliru dalam menentukan dan memecahkan persoalan hidup karena tidak dapat berkonsentrasi. disinilah peran EQ sangatlah penting 

EQ (emotional quotient) atau yang biasa kita sebut kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. EQ adalah cara lain untuk mengatakan efektivitas kehidupan manusia, mengapa? karna EQ memiliki dampak yang mendalam pada cara kita berpikir tentang kesuksesan sebuah kehidupan, EQ menyediakan landasan untuk pengembangan kompetensi yang menentukan kinerja seseorang seperti kemampuan untuk mengambil inisiatif, untuk mencapai tujuan, untuk dapat tabah dalam menghadapi tantangan hidup.

EQ merupakan penggambaran bagaimana kita mengelola diri kita sendiri hingga mampu mengendalikan diri dan mengontrol perasaan, sehingga lebih mudah dalam berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. jadi jika ingin sukses dalam bekerja sama kita harus belajar mengendalikan diri.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Goleman (Ubaydillah, 2004:1) menunjukkan bahwa kontribusi IQ bagi keberhasilan seseorang hanya sekitar 20% sisanya 80% ditentukan oleh serumpun faktor yang disebut kecerdasan emosional. 

Orang yang memiliki kecerdasan emosi tinggi akan berupaya menciptakan keseimbangan diri dan lingkungannya, mengusahakan kebahagiaan dari dalam dirinya sendiri, dapat mengubah sesuatu yang buruk menjadi lebih baik, serta mampu bekerja sama dengan orang lain yang mempunyai latar belakang yang beragam.

Jadi bisa dibilang tingkat EQ  yang sehat berarti mengetahui bagaimana menjadi relatif bahagia karena emosi kita memotivasi kita untuk mengejar potensi unik kita atau tujuan dan karena itu adalah perasaan kita yang mengaktifkannya.



Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pentingkah EQ?? Dalam Kehidupan kita ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 02 Juli 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pentingkah EQ?? Dalam Kehidupan kita
 

0 komentar:

Posting Komentar